• Wed. Jul 24th, 2024

Malindo Darsasa 11AB/2023 Tingkatkan Kualitas Kerjasama Militer TNI dan ATM

Byadmin

Mar 20, 2023

AMANAT PAHANG MALAYSIA – Puspen TNI Latgabma Malindo Darsasa 11AB/2023, memiliki arti dan manfaat yang sangat besar serta memiliki dampak strategis bagi kedua negara  yaitu meningkatkan kualitas dan kapasitas kerjasama militer TNI dan ATM terutama berkaitan dengan upaya peningkatan profesionalisme prajurit kedua Angkatan Bersenjata, sehingga tercipta interoperability dalam pelaksanaan operasi khususnya pada bidang counter terorism.

Demikian disampaikan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Irvansyah saat menutup secara resmi Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Malindo Darsasa-11AB/2023, yang didampingi oleh Panglima Angkatan Bersama, YBhg Leftenan Jeneral Dato’ Noor Mohamad Akmar bin Mohd Dom TUDM dan diikuti sebanyak 610 personel (149 personel TNI dan 461 personel ATM),  bertempat di Majlis Diraja Pekan, Pahang, Malaysia, Minggu  (19/3/2023).

Lebih lanjut disampaikan Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Irvansyah bahwa manfaat selanjutnya yaitu dapat memberikan kontribusi kepada pemerintah masing-masing, yang memberi dampak positif terhadap hubungan bilateral Indonesia-Malaysia, guna meningkatkan kemampuan dalam penanggulangan terorisme di masing-masing negara. “Latihan ini juga memiliki dampak deterrence bagi kelompok terorisme yang masih ada di sekitar wilayah kita”, tutup Laksdya TNI Irvansyah.

Sementara itu, Panglima Angkatan Bersama, YBhg Leftenan Jeneral Dato’ Noor Mohamad Akmar bin Mohd Dom TUDM mengatakan bahwa dengan terlaksananya Latgabma Malindo Darsasa-11AB/2023 ini, prajurit kedua negara telah bisa bekerjasama secara pengetahuan dan kemampuan dalam aspek operasi menangani terorisme selaras Protap 16 dan 18 Malindo yang menjurus kepada pencapaian objektif eksesais. “Para prajurit juga telah bersungguh-sungguh melaksanakan latihan untuk meningkatkan lagi kemampuan pelaksanaan operasi bersama, serta menjalin silaturahmi antar setiap individu”, kata Leftenan Jeneral Dato’ Noor.

Autentikasi:

Kabidpeninter Puspen TNI Letkol Arm Suhendro Oktosatrio

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *