• Sat. Jul 20th, 2024

Dihadiri Ratusan Masyatakat, MTQ ke VXII Tingkat Desa Senggoro Resmi di Buka

Byadmin

Jun 29, 2024

AMANATRIAU.com BENGKALIS – Pergelaran pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke VXII tingkat Desa Senggoro Kecamatan Bengkalis, resmi dibuka oleh Camat Bengkalis Taufik Hidayat, SSTP, MPA, bertempat di halaman Masjid Al-Falah, Desa Senggoro, pada Jumat malam (28/6/2024).

Tepat pukul 22.00 WIB, MTQ ke XVII tingkat Desa Senggoro ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Camat Bengkalis Taufik Hidayat didampingi Sekcam Fitra Rama, Pj Kades Senggoro Suherman, Ketua BPD Senggoro H.Irwanto dan disaksikan oleh Pj Kades se-Kecamatan Bengkalis.

MTQ ke XVII Tingkat Desa Senggoro tahun 2024, dengan mengusung tema “Wujudkan SDM Unggul, Profesional dan Qur”ani menuju Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera (Bermasa)”.

MTQ tahun ini diikuti 80 peserta dari perwakilan 15 rumah ibadah, yakni 6 dari Masjid dan 9 Musholla. Pada acara kegiatan MTQ ini di isi dengan persembahan tarian melayu, pembacaan ayat suci Al-Quran, Doa, kata sambutan Ketua LPTQ Desa Senggoro Iskandar dan pemberian santunan anak yatim.

Pembukaan MTQ Desa Senggoro turut dihadiri Camat Bengkalis Taufik Hidayat.,SSTP., MPA, Sekcam Bengkalis Fitra Rama S.STP, Pj Kades Senggoro Suherman,S.Sos, Sekdes Senggoro Aries Tavianto, Ketua BPD Senggoro H.Irwanto dan anggota, Ketua Apdesi Tamrin Kecamatan Bengkalis, Dandim 0303/Bengkalis diwakili oleh Kasi Intel Kodim 0303/Bengkalis Lettu Inf Agus Dhanie, Babinsa Desa Senggoro Sertu Mustaqim, Babinkamtibmas Aipda Hamdani.

Hadir juga, Ketua Panitia MTQ Ke-XVII Iskandar, Kepala Desa dan seluruh Pj Kades se-Kecamatan Bengkalis, Mantan Kades, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, Ketua Penggerak PKK dan anggota, RT, RW, Kadus, Ketua dan anggota BUMDesa, pemuda pemudi, pengurus dan ketua rumah ibadah, ratusan masyarakat Desa Senggoro dan para undangan lainnya.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Senggoro Suherman, S.Sos menyampaikan, Pemerintah Desa Senggoro mengucapkan  terima kasih kepada Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati Dr.H.Bagus Santoso atas program dana Bermasa 1 miliar 1 Desa, MTQ ini bisa terlaksana.

Mudah-mudahan setiap dana ini tetap berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Dengan adanya kegiatan ini merupakan bagian dari pembangunan mental dan syiar agama dan memberikan pendidikan keagamaan serta karakter bagi anak-anak desa sejak dini.

“Semoga MTQ di tingkat Kecamatan nantinya perwakilan dari Desa Senggoro bisa kembali merebut gelar juara umum,” ujar Pj Kades Senggoro, Suherman.

Dengan menumbuhkan minat dan semangat membaca Al-Quran dikalangan anak-anak, remaja dan dewasa. MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Quran, tapi juga untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Quran dengan cara selalu untuk menghafal dan membacanya.

Untuk itu, mewakili Pemerintah Desa (Pemdes) Senggoro dan masyarakat, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Bengkalis terutama khususnya Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni dan Wakil Bupati Bengkalis H.Bagus Santoso.

“Semoga diberikan selalu kesehatan dalam mensejahterakan masyarakat kabupaten Bengkalis,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Camat Bengkalis Taufik Hidayat menyampaikan, bahwa pemerintah daerah kabupaten Bengkalis yaitu ibu Kasmani dan Bagus Santoso, yang sangat mendukung dan memberikan luncuran dana yang begitu besar untuk desa yang ada di kabupaten Bengkalis.

Terutama pada tingkat pelaksanaan ritual keagamaan yang didukung oleh meningkatnya penyediaan sarana dan fasilitas keagamaan yang ditunjukkan dalam kegiatan keagamaan yang tumbuh subur.

Salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, dan di antaranya adalah melalui kegiatan MTQ.

Kegiatan ini merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif dari pada kitab suci Al-Qur’an bagi umat Islam.

“Maka dari itu, mari kita manfaatkan sebaik mungkin dengan berbagai program desa, baik infrastruktur, sumberdaya manusia dan lainnya, khususnya di bidang keagamaan,” ungkap Taufik.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *