• Sun. Jul 21st, 2024

PT KPI RU Dumai Dukung Upaya Pemadaman Karhutla di Selingsing

Byadmin

Apr 28, 2023

AMANAT Dumai, 28 April 2023 – Guna mendukung upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kelurahan Pelintung Kota Dumai, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai meminjamkan sejumlah fasilitas dan peralatan kepada Brimob Polda Riau, Kamis (27/4).

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai, Agustiawan, menyebutkan bahwa PT KPI RU Dumai telah meminjamkan peralatan berupa selang 2 ½ inch dan fasilitas akomodasi kepada Brimob Polda Riau guna mendukung upaya pemadaman karhutla.

“Sebanyak 10 rol selang 2 ½ inch serta Gedung Sasana Suka dipinjam pakaikan ke Brimob Polda Riau dalam upaya pemadaman karhutla tersebut. Namun selain itu, sejak 2019, program CSR PT KPI RU Dumai telah diselaraskan agar sejalan dengan upaya Pemko Dumai dalam mengantisipasi dan memadamkan karhutla yang sering terjadi di Provinsi Riau ini,” jelas Agustiawan.

Salah satu program CSR PT KPI RU Dumai tersebut adalah Masyarakat Peduli Api (MPA) Kelurahan Tanjung Palas. MPA Kelurahan Tanjung Palas merupakan kelompok masyarakat yang peduli terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi Di Kota Dumai khususnya Kelurahan Tanjung Palas.

Sejak dibentuk tahun 2017 oleh BPBD Kota Dumai, MPA Kelurahan Tanjung Palas telah berkembang, dari semula beranggotakan 9 orang menjadi 30 orang. Saat ini, MPA Tanjung Palas dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pembagian wilayah tanggung jawab, yaitu wilayah Paman Jaya, Dumai Motor, Batu Bintang, dan wilayah Sri Pulau.

Pembinaan yang telah dilakukan PT KPI RU Dumai sejak tahun 2019 antara lain Pelatihan Penanganan Karhutla, Pemberian Alat Pemadam Kebakaran, Pembuatan Embung untuk stok air, serta Pengadaan Alat Patroli Karhutla. Pengaktifan MPA Tanjung Palas berupa biaya operasional saat pemadaman pun juga diberikan.

Selain Dumai, lanjut Agustiawan, CSR PT KPI RU Sei Pakning pun sudah mengarah pada dukungan Perusahaan dalam penanganan Karhutla.

“Melalui inovasi Nozzle Gambut, PT KPI RU Sei Pakning menciptakan sebuah alat yang dapat mempermudah proses pemadaman api di lahan gambut. Inovasi ini telah diakui dan mendapatkan sejumlah penghargaan karena impactnya yang begitu besar,” sambung Agustiawan.

“Sebagai salah satu perusahaan yang ada di Kota Dumai, PT KPI RU Dumai siap mendukung upaya Pemko Dumai dalam penanganan karhutla ini. Mari kita berdoa semoga karhutla bisa segera tertangani,” pungkasnya.

Dari data BPBD Riau diketahui bahwa setidaknya lebih dari 130 hektare lahan terbakar pada periode 1 Januari hingga 28 Maret. Provinsi Riau saat ini telah memasuki musim kemarau, sehingga cuaca dan kondisi udara lebih kering dan panas yang berpotensi menimbulkan bencana karhutla.

—————————————————
Media Contact
Agustiawan
Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai
Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional
M: +62 812-7636-625

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *