• Wed. Jul 24th, 2024

Pj Bupati Kampar Terima Penghargaan
Cakupan Pencapaian Vaksinasi Covid-19

Byadmin

Nov 22, 2022

AMANAT JAKARTA – Penjabat (PJ) Bupati Kampar Kamsol menerima apresiasi dan penghargaan atas cakupan pencapaian Vaksinasi Covid 19. Penghargaan itu diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat bekerjasama Program Breakthrough Action Covid 19 yang diimplementasikan John Hopkins Center For Comunication Program dan didukung oleh USAID

Acara pemberian Apresiasi dan penghargaan tersebut digelar di Hotel Wyndham Casablanca Jakarta, Selasa (22/11). Dalam kesempatan itu Pj Bupati Kampar didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kampar dr. Zulhendra Das’at, dr.Alimora Kabid Pelayanan Kesehatan, dan beberapa orang kapus.

“Kabupaten Kampar untuk capaian Vaksin Boster atau vaksin ketiga masih rendah, tetapi dibandingkan daerah lain Kabupaten Kampar dan Riau masih lebih baik. Selanjutnya Kabupaten Kampar saat ini telah melakukan Survey capaian herd immunity,” kata Kamsol dalam keterengan tertulis yang diterima haluanriau.co, Selasa (21/22).

“Dari hasil survey tersebut kita dapat mengetahui daerah-daerah mana saja di Kabupaten Kampar yang akan kita gesa vaksinasinya. Dengan demikian kita dapat segera melakukan kekebalan kepada masyarakat yang virus Covid-19 memang sudah menyebar,” sambungnya.

Dalam upaya memberikan kekebalan kepada masyarakat, sebut Kamsol salah satu dengan cara melakukan vaksin dan juga memberikan asupan gizi kepada masyarakat agar vaksin dan gizi menjadi imun atau kekebalan untuk masyarakat Kabupaten Kampar.

“Selain vaksinas, faktor kekebalan tubuh atau herd immunity juga terbentuk dari asupan-asupan gizi yang diperoleh masyarakat sehingga imun dasar untuk menangkal virus Covid 19 dapat terbangun dalam tubuh kita,” ucapnya.

Kamsol juga menyampaikan diperlukan seluruh stakeholder di Kabupaten Kampar untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat pentingnya Vaksinasi dosis tiga atau Booster untuk memberikan kekebalan atau herd immunity agar masyarakat kebal terhadap virus Covid 19.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan pemaparan berasal dari beberapa narasumber diantaranya Koordinator Riset dan Inovasi Agro, Farmasi dan Pariwisata Kemenko di Kementerian Perekonomian Republik Indonesia Leni Rosylin, Epiemologi Universitas Indonesia Dr. Pandu Riono, dan Acting Direktor Kantor Kesehatan USAID Daryl Martyris.

Kamsol dalam dialog tersebut juga memaparkan tentang survei herd immunity yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar untuk memastikan wilayah sasaran Vaksinasi Booster atau ke tiga, didapatkan jumlah 14 persen yang belum divaksin. Namun telah memiliki kekebalan tubuh alami dapat diambil analisa bahwa herd immunity dapat terbentuk dari asupan gizi yang baik.

Kamsol menjelaskan survey itu melibatkan Fakultas Kedokteran Universitas Riau dengan tingkat ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan, Ia juga mengatakan bahwa tingkat penularan virus yang paling rentan adalah usia lanjut, hasil survey juga bahwa tingkat resiko usia lanjut sangat rentan terpapar virus Covid 19.

Apresiasi untuk Edukasi masyarakat terkait vaksinasi, di Indonesia 10 Kepala Daerah untuk Provinsi Riau Kabupaten Kampar dan Kota Dumai. Serta juga 8 Kabupaten se-Indonesia diadiantaranya Bupati Lumajang, Bupati  Pasuruan, Bupati  Kubu raya, Bupati  Kayong Utara, Walikota Dumai, Bupati  Kampar, Bupati  Bantaeng, Bupati Sinjai, Bupati Kupang, dan Bupati Timor Tengah  Selatan.

Penghargaan apresiasi dan penghargaan atas cakupan pencapaian Vaksinasi Covid 19 itu diberikan oleh Direktor Kantor Kesehatan USAID Daryl Martyris.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *