• Sun. Jul 21st, 2024

Apical Group Taja Lomba Memasak PMT Stunting untuk Anak

Byadmin

Sep 8, 2023

AMANAT Dumai – Terkait pencegahan dan penanganan Stunting, Apical Group laksanakan perlombaan memasak Pemberian Makanan Tambahan (PMT ) untuk anak stunting di kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.

Perlombaan PMT yang dilaksanakan oleh Apical Group merupakan sebuah gerakan dalam pencegahan dan penangan Stunting.

Lomba memasak PMT tersebut diikuti oleh 5 kelompok yg anggotanya berasal dari kader Posyandu Melati Putih dan ibu-ibu warga RT 013,015,016,017 dan 018 di kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, pada Kamis (07/9/2023).

Dalam perlombaan memasak tersebut, masakan peserta akan dinilai terkait penggunaan protein hewan sebagai bahan utama, teknik pengolahan, cita rasa, kreativitas serta penyajian makanan yang telah diolah peserta.

Penilaian lomba memasak tersebut dinilai oleh Perwakilan DPPKB Kota Dumai, ahli gizi Puskesmas Sungai Sembilan, perwakilan Kecamatan Sungai Sembilan, dan Perwakilan dari Kelurahan Lubuk Gaung serta dari perwakilan Apical Group.

Nilai tertinggi dalam perlombaan tersebut berhasil diperoleh oleh kelompok Ibu-ibu Tampil Ceria (ITC), pada posisi kedua dari kelompok Wanita Cantik Mempesona (Wacana) dan nomor tiga diperoleh dari kelompok Gerak Cepat (Gece).

Gerakan pencegahan dan penanganan stunting diselanggarakan Apical Group bersama DPPKB Kota Dumai dan Puskesmas yang dilaksanakan di ruang serbaguna kantor Lurah Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan.

Kepala DPPKB Kota Dumai, Elywarti SKM, menyebutkan kita semua wajib menuntaskan stunting kota Dumai sesuai dengan amanah inpres, di 2024 harus mencapai angka 14 persen, dumai 12,8 persen, berkat dukungan bersama Kota Dumai dapat menurunkan stunting.

Berharap dengan kegiatan yang sangat bagus ini merupakan sebuah langkah trobosan dalam pencegahan dan penanganan stunting yang dilakukan oleh Apical Group.

Manager CSR Apical Group, Agus Wiastono, menyebutkan bahwa perusahaan menggagas program tersebut untuk membantu pemerintah dalam menangangi permasalahan stunting khusus di area perusahaan.

“Pencegahan dan penanganan Stunting tidak bisa dilakukan oleh sebelah pihak saja, dengan bergandengan tangan seluruh pihak tentunya permasalahan stunting bisa teratasi,” Kata Agus Wiastono.

Agus juga mengatakan, untuk tahap awal pihaknya melaksanakan gerakan 1000 telur di kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan.

Dikatakannya juga, dengan telur bisa memberikan dan memperbaiki gizi kepada anak – anak dalam pencegahan dan penanganan kasus stunting tersebut.

“Kita ingin sebuah telur tadi bisa diolah berbagai bentuk macam makanan, sehingga anak-anak tidak bosan memakan telur yang memiliki protein hewani, ” Katanya kembali.

Disebutkannya juga, dalam penanganan dan pencegahan stunting tidak hanya sampai disitu saja, pihaknya juga akan melakukan intervensi langsung kepada anak-anaknya yang positif stunting selama tiga bulan.

“Kita akan memantau dan memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada anak yang positif Stunting setiap harinya dengan melibatkan ahli gizi Puskesmas, sehingga nantinya setelah tiga bulan kita berharap anak-anak yang terkena stunting terbebas dari stunting tersebut.” Kata Agus berharap.

Turut hadir Camat Sungai Sembilan yang diwakili oleh Sekcam Sungai Sembilan, Muhtadi, Apical telah berbuat kepada masyarakat Lubuk Gaung dalam pencegahan dan penanganan Stunting.

“Kita berharap dengan apa yang dilakukan oleh Apical bisa menekan jumlah stunting di Kota Dumai, khususnya di kelurahan Lubuk Gaung ” Kata Muhtadi.

Disebutkannya juga, Pemerintah kota Dumai sangat berharap seluruh perusahaan bisa menjadi bapak angkat bagi masyarakat dalam menangangi permasalahan, seperti penanganan dan pencegahan stunting.

Dalam acara gerakan penanganan dan pencegahan stunting yang dilaksanakan hari ini yaitu perlombaan memasak makanan untuk mencegah stunting pada anak yang diikuti oleh kader Posyandu di kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai.

Sebelumnya telah dibuat Kesepakatan Bersama antara Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemerintah Kota Dumai dengan Apical Dumai tentang Kolaborasi Pencegahan dan Penurunan Stunting di Kota Dumai pada 15 Februari 2023, dan ini lah yang menjadi satu diantara komitmen Apical
Group untuk menangani permasalahan stunting di masyarakat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *