• Sat. Mar 2nd, 2024

Hingga Malam Pengunjung Bazar Kuliner Vihara Hok Ann Kiong Diperkirakan 1.500an Batang Cake Akan Habis

Byadmin

Jan 27, 2023

AMANAT BENGKALIS- Cake, salah satu makanan yang sangat disukai pengunjung pada hari kedua kegiatan Bazar Kuliner yang ditaja pengurus Vihara Hok Ann Kiong, Kamis (26/01/2023).

Cake yang siap disantap setelah digoreng ini rupanya diramu dan dikerjakan warga Bengkalis yang merupakan generasi keempat yang berasal dari Dataran China sana. Belasan peramu saji Cake sengaja hadir bersama peramu saji dengan 30an kuliner pada perayaan Imlek Tahun 2574 Shio Kelinci Air penanggalan China bersamaan tahun 2023.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Humas Vihara Hok Ann Kiong, Herman yang mengatakan, “Cake ini sebetulnya berasal dari Dataran Cina dibawa perantau yang datang ke Indonesia dan diwariskan secara turun temurun. Yang membuat Cake ini sudah beberapa generasi termasuk cucu perantau dari Dataran China yang merantau dahulu,” kata Herman kepada pantau riau.com, Kamis (26/01/2023) siang seraya menambahkan generasi keempat tadi telah menurunkan keahlian membuat Cake kepada temannya.

Diutarakan Herman, Cake ini terbuat dari bahan, “Tepung terigu, ragi ada dosisnya, merekalah yang tahu karena ini sifatnya ada rahasia. Tidak semua orang yang membuat Cake bisa sebaik dan seenak ini, lebih gurih, lebih rapuh, ini ada kelebihannya. Jadi, kalau masyarakat antusias karena kita dalam menyambut momen Tahun Baru Imlek 2574 dan juga bertepatan dengan hari kebesaran Dewa Chong Cui Choi She besok, sponsor kue Cake dan kue lainnya menyajikan kepada seluruh umat yang ikut partisipasi di acara ini. Kita upayakan mengadakan makanan spesial sehingga mereka para pengunjung maupun warga Bengkalis yang pulang kampung bisa menikmati termasuk mereka yang datang dari pelosok-pelosok di desa-desa di Pulau Bengkalis. Bukan hanya Cake, semua makanan yang kita sajikan bagi warga Bengkalis yang merantau di Jakarta, Batam maupun lainnya, sepertinya mengingat kembali nostalgia dahulu,” ungkapnya.

Ditambahkan Herman, semenjak ada acara kuliner di Vihara Hok Ann Kiong, Cake selalu disiapkan yang kebetulan ada sponsornya, “Untuk menggoreng Cake di sini yang ikut berpartisipasi untuk masyarakat kita,” bebernya.

Jika masyarakat ingin merasakan Cake terlezat ini, ada dijual di dua tempat, di Kulim Pekanbaru dan Jalan Diponegoro Bengkalis, “Meski berbeda tempat menjualnya tetapi nikmatnya tetap sama karena ramuannya sama. Jika tidak ahli membuat Cake mungkin tidak kembang, rapuh, dan gurih,” pungkas Herman.

Karena enaknya Cake ini, prakiraannya 1.000 batang yang disiapkan untuk para pengunjung Bazar Kuliner Gratis ternyata tidak mencukupi. “Sehingga semalam, belum sampai jam dua siang sudah habis semuanya. Terima kasih kepada masyarakat yang begitu antusias untuk merasakan lezatnya Cake yang ada di Bazar Kuliner ini. Hari kedua ini jumlah Cake akan dilebihkan namun tergantung kepada pembuat Cake itu sendiri yang akan melayani hingga malam nanti. Mudah-mudahan semuanya bisa tercover. Selamat Tahun Baru Imlek 2574 dan hari kebesaran Dewa Chong Cui Choi She,” ucap Herman di akhir wawancara.

Seorang pengunjung bernama Basri, warga Desa Bandul Kabupaten Kepulauan Meranti yang telah merasakan lezatnya Cake pada pagi hari tadi harus rela antri beberapa menit untuk mendapatkan beberapa Cake kembali. “Sudah antri sekitar sepuluh menit. Pagi tadi dapat satu batang Cake sebab antri tak dapat ngambek banyak. Kalau bisa antri ini dapat due batang,” tutur Basri yang datang bersama keluarga dengan harapan tahun depan tetap dilaksanakan kembali Bazar Kuliner ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *