• Sat. Mar 2nd, 2024

Komitmen Bina Keselamatan Kerja di Industri Migas, Kilang Pertamina Plaju Raih Penghargaan Subroto 2023

Byadmin

Oct 4, 2023

AMANAT Palembang, 1 Oktober 2023 – Sebagai perusahaan yang bergerak di industri pengolahan migas dan petrokimia, Kilang Pertamina Plaju (PT Kilang Pertamina Internasional – Refinery Unit III Plaju) senantiasa berkomitmen teguh pada aspek keselamatan di lingkungan kerja. Hal ini mengingat tingginya risiko keselamatan di kilang minyak yang berusia lebih dari seabad itu.

Atas penerapan sistem manajemen keselamatan migas yang dijalankan secara konsisten dan telah memenuhi aspek keselamatan kerja dan lingkungan kerja, Kilang Pertamina Plaju kembali menerima Penghargaan Subroto 2023, untuk kategori Pembinaan Keselamatan Kerja Migas yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM.

Penghargaan ini menunjukkan bahwa dalam praktik operasionalnya, Kilang Pertamina Plaju dengan sungguh-sungguh telah mencerminkan budaya kerja aman di lingkungan kerja.

General Manager Kilang Pertamina Plaju Yulianto Triwibowo menerima secara langsung penghargaan untuk Kilang Pertamina Plaju dari Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji pada Jumat (29/9/2023).

Yulianto mengapresiasi kinerja para perwira Kilang Pertamina Plaju dalam mewujudkan iklim kerja yang aman. “Penghargaan ini adalah apresiasi penuh untuk para perwira Kilang Pertamina Plaju yang komitmen pada aspek dan budaya HSSE,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebagai kilang yang berkontribusi terhadap pemenuhan 60% energi di area Sumbagsel, pihaknya terus memastikan lingkungan kerja yang aman dan keberlanjutan.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengharapkan, para penerima penghargaan dapat terus termotivasi untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja bagi pembangunan sektor ESDM. “Selamat kepada para penerima penghargaan,semoga dapat memotivasi seluruh stakeholder untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja bagi pembangunan sektor ESDM.

Sejak diselenggarakan pada 2017, penghargaan Subroto menjadi ajang apresiasi tertinggi yang diberikan oleh Kementerian ESDM kepada entitas yang berprestasi dalam memajukan sektor Energi dan Sumber Daya Mineral nasional. Proses penilaian dalam penghargaan ini dibagi ke dalam dua bagian, yakni penilaian administrasi dan penilaian lapangan.

Terakhir, Yulianto memohon dukungan dan doa dari semua pihak dan stakeholder, agar Kilang Pertamina Plaju senantiasa diberikan keselamatan dan dapat beroperasi andal, agar dapat terus memproduksi energi terbaik untuk negeri.

Dukung Implementasi ESG & SDGs

Diraihnya penghargaan bergengsi di bidang keselamatan kerja ini menjadi bukti konsistensi Kilang Pertamina Plaju terhadap implementasi aspek ESG (Environmental, Social & Governance), terutama berkaitan dengan aspek sosial dimana kesehatan dan keselamatan kerja menjadi concern utama, sebagaimana ambisi PT KPI untuk menjadi perusahaan kilang dan petrokimia kelas dunia.

Kilang Pertamina Plaju telah menunjukkan komitmen dalam penerapan standar tertinggi mengenai HSSE untuk menjaga kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan pekerja, serta mempersiapkan dan merespon keadaan darurat untuk mencegah kecelakaan besar di seluruh area kerja unit operasi dan proyek.

Pada saat yang sama, kilang yang beroperasi dengan high risk (risiko tinggi) ini juga telah mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) kedelapan yakni melindungi hak-hak tenaga kerja dan mempromosikan lingkungan kerja yang aman dan terjamin.

—————————————-

Media Contact

Perliansyah

Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR RU III Plaju

Sub Holding Refining & Petrochemical – PT Kilang Pertamina Internasional

M: 081373225400

E: commrelcsr.ru3@pertamina.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *