• Sun. Mar 3rd, 2024

Prajurit Medis TNI Handal Selamatkan Jiwa Dalam Pertempuran

Byadmin

Sep 7, 2023

AMANAT BANYUWANGI – Puspen TNI Prajurit Medis TNI dari Batalyon Kesehatan 2 Kostrad bersama personil C 1-52 General Support Aviaton Battalion “Arcitic Dustoff” US Army yang tergabung dalam Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS ) 2023, menggelar latihan Medical Exercise, evakuasi medis udara  bertempat di Batalyon R 515/UTY Pakistaji, Kabat Banyuwangi Jawa Timur. Rabu (6/9/2023)

Latihan evakuasi medis udara merupakan latihan yang menitik beratkan penanganan korban mulai dari prosedur pertolongan pertama sampai dengan koordinasi dengan helly untuk evakuasi.

Saat perang berlangsung, tugas prajurit medis atau kesehatan adalah menstabilkan korban dan mengevakuasi  menggunakan ambulan udara atau helly untuk  dibawa ke daerah aman, selanjutnya diangkut menuju titik aman dan diantar ke rumah sakit terdekat agar segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kemampuan prajurit medis dalam melakukan tugasnya sangat berperan dalam menyelamatkan nyawa prajurit korban pertempuran. Keahlian mereka juga secara tidak langsung mendorong motivasi prajurit dalam bertempur karena mengetahui bahwa dirinya akan ditangani dengan baik dan cepat oleh personil medis yang handal  jika terjadi sesuatu pada mereka dalam pertempuran.

Adapun materi yang dilatihkan diantaranya penggunaan peralatan medis yg berada di helly berupa ventilator mobile dan devibrator portabel.

Dalam kesempatan tersebut juga didrill kan cara bagaiman menaikan korban, penanganan korban di pesawat dan cara menurunkan korban sesuai alur evakuasi agar aman.

#tnipatriotnkri

#nkrihargamati

#tnikuatrakyatbermartabat

#SuperGarudaShield

#SGS2023

Autentikasi:

Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Arm Suhendro Oktosatrio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *