• Sat. Mar 2nd, 2024

Bakamla RI Bantu Evakuasi Korban Kapal SB EvelinCalisca 01 Terbalik

Byadmin

Apr 29, 2023

AMANAT INHIL – Riau, 28 April 2023 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard).  Bakamla RI melalui unsur KN. Sarotama – P.112 milik Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) yang tergabung dalam Patroli Bersama Bakamla RI tahun 2023 melaksanakan evakuasi korban kapal SB Evelin Calisca 01 yang terbalik akibat menabrak Tunggul Nipah yang hanyut di perairan Sungai Tawar, Kecamatan Kateman, Kabupaten Inhil, Riau, Jumat (28/4/2023).

Adapun awal mulanya, Contact Center Bakamla RI menerima laporan adanya kecelakaan kapal penumpang dengan nama lambung SB Evelin  Calisca 01. Diketahui kapal bertolak dari Tembilahan menuju Tanjung Pinang.

Dalam perjalanannya, saat di Perairan Sungai Tawar kapal tersebut menghantam Tunggul Nipah yang mengakibatkan kapal tidak terkendali dan akhirnya terbalik. Menanggapi laporan itu, Contact Center Bakamla RI meneruskan informasi ke Direktorat Operasi Laut Bakamla RI.

Tak berselang lama, Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Friche Flag, mengerahkan unsur terdekat yang terlibat dalam Patroli Bersama Tahun 2023 Bakamla RI. KN. Sarotama – P.112 dan berhasil menuju titik koordinat kejadian.

Diketahui dari total 71 orang penumpang, 60 orang diantaranya selamat, 11 orang dinyatakan tewas, dan 1 orang masih dalam pencarian. Saat berita ini diturunkan, Catamaran 508 dari Zona Bakamla Barat juga menuju lokasi untuk membantu evakuasi korban yang belum ditemukan.

Tim SAR gabungan yang juga melibatkan Polres Indragiri Hilir dan Polairud Indragiri Hilir, Polsek Kateman, BPBD Indragiri Hilir, Koralim Kateman, KSOP Sungai Guntung, dan masyarakat sekitar, masih beroperasi melakukan pencarian korban hilang.

Autentikasi: Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd.

Foto: Humas Bakamla RI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *