• Sun. Mar 3rd, 2024

Kinerja Bea Cukai Bengkalis Menjadi Sorotan, Kakanwil Bea Cukai Riau Harus Bertanggung Jawab

Byadmin

Jun 1, 2023

Kantor Kakanwil Bea Cukai Riau

AMANAT Bengkalis.Karna barang yang dimusnahkan tidak tuntas sehingga digali masyarakat,hal ini membuat berbagai pihak menyoroti kinerja pengawasan Bea Cukai bengkalis.

Bahkan salah satu Anggota DPRD Riau Misliadi sangat kecewa melihat Vidio yang tengah viral masyarakat bengkalis mengali daging pemusnahan hasil tangkapan bea cukai di TPA Bantan.dan meminta Kakanwil Bea Cukai Riau harus bertanggung jawab.jika Perlu Dicopot aja,hal senada di sampaikan Misliadi melalui pemberitaan media yang telah dimuatkan.

Pembongkaran barang masuk dipelabuhan pasar lama bengkalis terlihat tidak diawasi dari pihak terkait

M.Rafi ketua LSM Tim Pencari Fakta dan Keadilan (LSM -TPK) juga mengatakan seharusnya bea cukai harus mengawasi hingga tuntas saat pemusnahan tersebut,agar hal yang tak disangkakan terjadi.

Lanjut M.Rafi salah satu nya yang menjadi perbincangan dikalangan aktifis dan masyarakat yang sedang duduk sarapan disalah satu kedai kopi ditepi laut tepat nya disalah satu terjadi nya aktifitas kegiatan bongkar muat barang impor,menurut M.Rafi aktifitas bongkar barang impor tersebut di pelabuhan Bengkalis di nilai kurang nya pengawasan dari pihak petugas bahkan sangat lemah.

seharusnya ada pengawasan secara terpadu, dari pihak petugas untuk mengecek manifest jenis barang yang masuk, M.Rafi.menghawatirkan dengan lemah nya pengawasan dari pihak bea dan cukai dan karantina akan masuk nya barang terlarang, seperti narkoba,dan dll ujar M.Rafi ke media ini.

M.Rafi juga menilai aktifitas yang di lakukan oleh pengusaha tidak berpedoman kepada peraturan menteri pertanian nomor 52 tahun 2012, tentang impor buah buahan dan peraturan menteri pertanian nomor 04 tahun 2015, tentang impor hasil produk pertanian yang artinya aktifitas usaha yang di lakukan, oleh pengusaha tersebut bea masuk impor barang untuk negara manifest nya patut di pertanyakan karena ini salah satu pendapatan hasil daerah.ungkap M.Rafi LSM TPK .

Laporan Wartawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *