• Sun. Mar 3rd, 2024

Kejar Mimpi Pekanbaru Ajak Gen Z Peduli Lingkungan melalui Green Movement For The Future

Byadmin

Mar 25, 2023

AMANAT PEKANBARU. Kepedulian terhadap lingkungan kini menjadi tren positif yang makin digemari anak muda, termasuk generasi Z (Gen Z). Melalui beragam kegiatan, Gen Z aktif berkampanye dan melakukan aksi nyata untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Salah satu kegiatan tersebut yaitu Green Movement for the Future yang diadakan Komunitas Kejar Mimpi Pekanbaru by CIMB Niaga di Pekanbaru, Riau, pekan lalu.

Ketua Komunitas Kejar Mimpi Pekanbaru Rodhiyatul Mardhiyyah menyatakan, Green Movement for the Future dilatarbelakangi oleh permasalahan lingkungan, salah satunya sampah yang belum dapat dikelola dengan baik. Padahal, seiring jumlah penduduk yang terus bertambah, sampah yang dihasilkan juga meningkat. Ini tercermin dari data Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Kota Pekanbaru, bahwa produksi sampah setiap harinya mencapai 1.052,16 ton atau setara dengan 384.039 ton per tahun.

“Menjawab problem sampah tersebut, perlu kesadaran dan kepedulian masyarakat agar mulai mengelola sampah secara berkelanjutan. Karena itu, melalui acara Green Movement for the Future, KM Pekanbaru sebagai komunitas anak muda peduli lingkungan, ingin berpartisipasi menjadi bagian dari solusi dengan meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab Gen Z atas masalah sampah dan lingkungan di sekitar kita,” kata mahasiswi yang akrab disapa Diah di Pekanbaru, Jumat (24/3/2023).

Green Movement for the Future terdiri dari sejumlah kegiatan. Diawali Talkshow Inspiratif dan Workshop Zero Waste bertema “Meningkatkan Kontribusi Gen Z untuk Keberlanjutan Lingkungan” di Riau Garden. Acara menghadirkan narasumber Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Provinsi Riau Purnama Irwansyah, Dosen Kehutanan Universitas Riau Muhammad Haidar Daulay, dan Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan Muda Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau Soffia Seffen.

Sebagai wujud nyata kepedulian lingkungan, hari berikutnya acara dilanjutkan dengan Cleanup Day yang mengajak Gen Z dan masyarakat turun langsung membersihkan area Stadion Utama Riau. Aksi bersih-bersih ini diikuti siswa dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan kampus di Pekanbaru. Selain mengumpulkan sampah, mereka memilah sampah sesuai dengan jenisnya baik organik maupun anorganik sehingga memudahkan proses pengolahan dan daur ulang.

“Kami berharap bekal pengetahuan dan pengalaman langsung dalam mengelola sampah tersebut, dapat menumbuhkan kesadaran generasi Z terhadap permasalahan lingkungan dan ekosistem di sekitar kita. Dengan kesadaran ini, ke depannya akan lebih banyak anak muda yang berkontribusi aktif menjaga kebersihan, sehingga masalah sampah dapat dikelola dengan baik dan mengurangi dampak perubahan iklim,” ujar Diah.

Komunitas Kejar Mimpi Pekanbaru merupakan bagian dari 35 Komunitas Kejar Mimpi yang tersebar di 35 kota di Indonesia. Terlahir dari Gerakan Sosial #KejarMimpi yang diinisiasi oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) sebagai wadah positif bagi generasi muda untuk belajar, berkarya, dan mewujudkan mimpinya. Sejak berdiri hingga kini, Komunitas Kejar Mimpi telah menyelenggarakan lebih dari 1.000 kegiatan sosial serta menginspirasi lebih dari 146.000 masyarakat dalam mengembangkan diri, melakukan aksi sosial, dan memberikan dampak positif untuk masyarakat sekitar melalui 4 pilar utama yaitu pendidikan, lingkungan, filantropi, dan pembangunan ekonomi sosial.

TentangKomunitas Kejar Mimpi

Komunitas Kejar Mimpi adalah bagian dari gerakan sosial #KejarMimpi yang diinisiasi PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengasah skill kepemimpinan dan volunteering. Gerakan sosial #KejarMimpi memiliki visi untuk membentuk generasi muda Indonesia yang positif dalam menerapkan nilai hidup melalui pengembangan dan motivasi diri yang baik, sehingga mampu memberikan nilai yang dapat memajukan Indonesia.

Saat ini, Komunitas Kejar Mimpi telah tersebar di 35 kota di Indonesia dengan lebih dari 800 anggota aktif. Sejak berdiri hingga kini, Komunitas Kejar Mimpi telah menyelenggarakan lebih dari 1.000 kegiatan sosial serta menginspirasi lebih dari 146.000 masyarakat dalam mengembangkan diri, melakukan aksi sosial, dan memberikan dampak positif untuk masyarakat sekitar melalui 4 pilar utama yaitu pendidikan, lingkungan, filantropi, dan pembangunan ekonomi sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *