• Wed. Jun 12th, 2024

Wabup Husni : Kerja Keras Pak Sobihin Jadi Motivasi Tanam Jeruk Menjajikan

Byadmin

Nov 4, 2023

AMANAT Kandis–Bujang Kampung ke – 85 di Kampung Sungai Gondang, Kecamatan Kandis, kabupaten Siak Wakil Bupati Siak Husni Merza meninjau kebun Jeruk Siam milik salah seorang masyarakat Kampung Sungai Gondang Sobihin.

“Alhamdulillah, hari ini saya bersama pak Sobihin pemilik kebun Jeruk Siam Sungai Gondang, telah berhasil membudidayakan Jeruk Siam, dan tadi saya coba jeruk ya sangat manis”, ucap Husni, di Kandis, Jumat lalu, (3/11/2023).

Husni menceritakan bahwa dari hasil kebun Jeruk Siam tersebut, Sobihin berhasil memenuhi kebutuhan hidupnya, bahkan bisa membiayai kuliah dua orang anaknya.

“Dari pak Sobihin kita belajar untuk berpikir dan punya sudut pandang berbeda, sehingga kita tidak monoton hanya berfikir menanam sawit saja. Tetapi menanam buah-buahan juga bisa mendatangkan keuntungan, contohnya pak Sobihin. Ini bisa dijadikan motivasi”, harap ketua KONI Siak itu.

Pemilik Kebun Jeruk Siam Sungai Gondang Sobihin menceritakan, sebelumnya lahan kebun Jeruk ini merupakan kebun kelapa sawit. Karenakan harga sawit pada saat itu sedang anjlok, ia berpikir untuk menggantinya dengan tanam jeruk.

“Dulu ini bukan kebun jeruk pak, tetapi kebun sawit luas 2 hektar. Tapi pas itu harga sawit turun sekitar Rp600/ kg, makanya saya berpikir untuk mengganti dengan Jeruk Siam”, jelasnya.

Berkat kerja keras, usaha dan keyakinannya selama 2 tahun, tambah Sobihin, saat ini dia telah menikmati hasilnya, dan sangat bersyukur.

“Alhamdulillah, kebun Jeruk Siam ini sekarang saya bisa menghasilkan minimal Rp1.500 ribu/hari dimasa panen, yakni dari bulan 7 hingga bulan 1. buah Jeruk Siam tersebut dipasarkan di Kampung sekitar, dan juga diluar Kecamatan Kandis”, tutup Sobihin.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *