• Sat. Jun 15th, 2024

Tim Inisiator Agendakan Pertemuan dengan Mendagri, Nasir Day: Legislator dan Senator Ikut Mengawal

Byadmin

Feb 16, 2023

AMANAT JAKARTA – Tim Independen Inisiator Pemekaran Kabupaten/Kota Provinsi Riau mengagendakan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk membahas wacana pemekaran kabupaten/kota di Riau yang kian bulat.

“Untuk Ketua Komisi II DPR RI dan Ketua DPD RI tinggal menunggu jadwal pertemuan, sejalan juga dengan Menteri Dalam Negeri. Nanti perjuangan ini kita minta turut dikawal legislator dan senator asal Riau,” kata perwakilan inisiator Nasir Day Nurdin di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Nasir Day menjelaskan, perjuangan pemekaran kabupaten/kota Provinsi Riau telah memasuki tahapan puncak, di mana semua kalangan tokoh masyarakat Riau di hampir semua daerah di Riau telah menyamakan tekad terkait wacana yang lama tertunda.

“Dan sekarang kita minta semua legislator dan senator asal Riau menyatukan sikap, pandangan dan dukungan untuk wacana ini demi kemajuan Provinsi Riau dan demi masa depan anak cucu,” katanya.

Harapannya, demikian Nasir Day, Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti serta Mendagri Tito Karnavian dapat untuk menyambut dan menerima para tokoh yang tergabung dalam Tim Independen Inisiator Pemekaran Kabupaten/Kota Provinsi Riau.

Sebelumnya, Koordinator Tim Insependen Inisiator Pemekaran Kabupaten/Kota Provinsi Riau, Syamsul Rakan Chaniago mengatakan, seluruh tokoh masyarakat dari berbagai wilayah kabupaten/kota telah sejalan dan sependapat untuk pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Kita sudah ketemu dengan ketua dan seluruh anggota Komisi I DPRD Riau, para tokoh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), para tokoh di Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR), para tokoh masyarakat di sejumlah wilayah kabupaten/kota, Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

“Pada intinya semua sepemahaman dan sepakat bahwa pembentukan DOB ini akan memberi dampak positif bagi percepatan pembangunan, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan rakyat,” kata Syamsul Rakan.

Syamsul menjelaskan, saat ini ada sejumlah aspirasi masyarakat untuk pembentukan beberapa DOB, beberapa telah diwacanakan bahkan telah sampai ke program legislasi nasional (Prolegnas) sejak beberapa tahun silam.

Sejumlah wacana DOB yang telah sampai pada tahapan Prolegnas adalah; wacana Kabupaten Indragiri Selatan pisah dari Indragiri Hilir, Gunung Sahilan yang pisah dari kabupaten induk Kampar, kemudian Rokan Darussallam yang pisah dari Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Menyusul wacana DOB lainnya meliputi Kabupaten Indragiri Utara (Inhil), Kota Duri (Bengkalis), Kuantan Hulu (Kuansing), Kota Bagansiapiapi (Rohil), Kota Perawang (Siak), Tambusai Raya (Rohul) dan Tapung Raya (Kampar).

“Dalam waktu dekat kita juga akan bertemu dengan Forkompinda, baik Kapolda Riau, Kajati Riau, dan Danrem 031/Wira Bima untuk membahas wacana ini,” katanya. ***

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *