• Sat. Jun 15th, 2024

Tetap Berkomitmen Jaga Budaya Safety, PT KPI RU Dumai Tutup Rangkaian Bulan K3

Byadmin

Mar 13, 2023

AMANAT Dumai, 13 Maret 2023 – Dengan tetap berkomitmen untuk terus menjaga budaya Safety di lingkungan kerja, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai tutup rangkaian Bulan K3 Nasional 2023. Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Bapor Komplek Perumahan Pertamina Bukit Datuk, Minggu (12/3).

Komitmen ini ditandai dengan ditandatanganinya Komitmen Penguatan Aspek HSSE Untuk Pencapaian Zero Accident oleh General Manager, SMOM, dan seluruh jajaran Tim Manajemen dan Section Head PT KPI RU II, yang isinya berdasar pada arahan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) dimana salah satunya adalah Memastikan HSSE Golden Rules (Patuh, Intervensi, Peduli) dan CLSR (Corporate Live Saving Rules) dipahami dan dijalankan oleh Pekerja dan Kontraktor di semua lini.

Ketua Panitia Gernas K3 PT KPI RU Dumai, R. Anggi Nurprihasta, memberikan apresiasinya kepada pekerja dan mitra kerja yang telah turut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional di lingkungan RU Dumai.

“Semoga tujuan dan makna dari serangkaian kegiatan selama bulan K3 ini tercapai, dan PT KPI RU Dumai bisa terus menanamkan budaya safety, tidak hanya saat bulan K3 saja,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager PT KPI RU II, Didik Subagyo, mengatakan bahwa penerapan K3 dalam setiap aktivitas pekerjaan dan lingkungan kerja adalah sebuah budaya yang harus terus menerus diaplikasikan.

“Beragam pencapaian yang kita dapatkan selama ini menjadi tidak bernilai apabila dilakukan tanpa mengedepankan aspek safety,” ungkapnya.

Didik Subagyo melanjutkan bahwa para pekerja dan mitra kerja harus memiliki kemampuan untuk mengelola HSSE dan aset integrity yang lebih unggul, guna mendukung keberlanjutan bisnis Pertamina dan semua harus memahami tentang risiko dan bahaya pekerjaan, serta harus mengetahui cara mengatasi risiko yang dihadapi guna mewujudkan tercapainya Zero Accident.

“Mari satukan tekad dan komitmen untuk membudayakan aspek safety ini. Semoga dengan serangkaian kegiatan yang telah dijalankan, budaya safety dan K3 bisa semakin mengakar di jiwa setiap pekerja, mitra kerja maupun kontraktor di lingkungan RU Dumai, sehingga tercipta kondisi dan suasana yang senantiasa aman,” ujarnya.

Selama pelaksanaan Bulan K3 Nasional, PT KPI RU Dumai menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk menumbuhkan pemahaman dan kesadaran akan aspek K3, antara lain Grand Safety Talk, First Aider Competition, Seminar Pekerja dan Keluarga Pekerja, Rally Foto Flora Fauna di Kawasan Patra Seroja dan Bukit Datuk serta Sosialisasi Hewan Berbisa, Safety Campaign (street campaign), Sertifikasi Operator K3, HSSE Award, Cerdas Cermat, Defensive and Commentary Driving, Pemilihan Duta K3, Inspeksi Kendaraan, Eco Innovation Challenge Internal dan Eksternal, Penerapan 5S Good House Keeping (GHK), Lomba Fire Fighting Contest Internal dan Eksternal, Lomba Procedure Emergency Excercise, Sosialisasi Tertib Lalu Lintas dan Penyalahgunaan Narkoba, Donor Darah, dan ditutup dengan kegiatan One Day Finish.

—————————————————
Media Contact
Denny Saputra Ramadhan
Pjs. Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai
Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional
M: +62 852-5021-5034

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *