• Sat. Jun 15th, 2024

Secara Daring Bupati Hadiri SPM Award Tahun Anggaran 2024

Byadmin

Apr 24, 2024

AMANAT BENGKALIS, Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ed Efendi mengikuti Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards Tahun Anggaran 2024 secara During yang dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri, Rabu 24/4/2024 di Ruang Hang Jebat kantor Bupati Bengkalis.

Kegiatan tersebut juga diikuti secara Hybrid sesuai lampiran undangan Radiogram Menteri Dalam Negeri Nomor 400.10.11/1527/SJ, Tanggal 26 Maret 2024 di Hotel Bidakara Jakarta yang dibuka langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo.

Kala itu Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Ir. Restuardy Daud mengatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Memerintahkan untuk memberikan layanan secara minimal kepada seluruh warga negara berdasarkan yang berhak dan memastikan bahwa SPM adalah urusan wajib pelayanan dasar yang menjadi hak setiap warga negara dan menjadi prioritas bagi penyelenggara pemerintahan daerah serta prioritas belanja daerah.

Selain itu lanjutnya berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah SPM diprioritaskan penganggarannya yang dipertegas dengan penggunaan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk membiayai urusan wajib layanan dasar yang tercantum dalam SPM.

“Tujuan Penyelenggaraan Kegiatan tersebut sambungnya, untuk meningkatkan Komitmen Kepala Daerah dalam menjalankan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan mendorong Penerapan SPM di daerah dilaksanakan secara optimal,” jelasnya.

Kemudian Melakukan pembinaan umum dan teknis penerapan SPM di daerah serta meningkatkan koordinasi Tim Sekretariat Bersama Tingkat Pusat dengan Tim Penerapan SPM Provinsi dan Kabupaten/Kota, paparnya.

Untuk kategori Kota SPM Awards Tahun Anggaran 2024 kategori kota, terbaik pertama Kota Makasar, terbaik kedua Kota Tanggerang Selatan dan terbaik ketiga Kota Tangerang.

Sementara kategori Kabupaten, terbaik pertma Kabupaten Bogor, terbaik kedua Kabupaten Karanganyar dan terbaik tiga Kabupaten Bangka Barat.

Kemudian untuk kategori provinsi, terbaik pertama, provinsi Jawa Barat, terbaik kedua Provinsi Jawa Timur dan terbaik ketiga Provinsi Kalimantan Timur.


Penyerahan penghargaan tersebut langsung diserahkan Wamendagri John Wempi Wetipo didampingi Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Ir. Restuardy Daud.

Usai mengikuti kegiatan tersebut Staf Ahli Bupati BIdang Pemerintahan Hukum dan Politik mengucapkan tahniah kepada kota, kabupaten dan provinsi yang menerima anugrah SPM Award tahun 2024.

“Mari kita contoh kabupaten/kota yang telah meraih penghargaan SPM Award tersebut, sehingga ke depan Kabupaten Bengkalis bisa meraih prestasi serupa,” ajak Efendi.

Kepada dinas terkait terus pelajari apa saja standard pelayanan yang harus kita benahi, terus jalin kerja sama yang baik sehingga kita bisa masuk dalam nominasi SPM Award Tahun 2025 yang akan datang, harap Efendi.inf

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *