• Thu. Jul 25th, 2024

Resmikan RRJ Desa Se-Kabupaten Bengkalis, Kajati Riau Beri Apresiasi Ke Bupati Kasmarni

Byadmin

Jun 12, 2024

AMANATRIAU.com BENGKALIS, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Akmal Abbas secara langsung meresmikan Rumah Restorative Justice (RRJ) terhadap 136 Desa se-Kabupaten Bengkalis.

Peresmian itu bersamaan dengan kunjungan kerja (Kunker) Kajati Riau, beserta Ketua Adhiyaksa Dharma Karini Riau, Ny. Dewi Akmal dan rombongan ke Kabupaten Bengkalis, yang disambut Bupati Bengkalis, Kasmarni dan Forkopimda, di Balai Kerapatan Wisma Sri Mahkota Bengkalis, Rabu, 12 Juni 2024.


Dalam kesempatan itu, Kejati Riau mengaku senang atas dibentuknya RRJ Desa se Kabupaten Bengkalis mengungkapkan bahwa program semacam ini perdana dilakukan di Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang saat ini di pimpin Ibu Bupati Kasmarni, yang telah berkolaborasi cukup baik dengan Kejaksaan, sehingga telah membentuk Rumah Restorative Justice di seluruh desa. Rasanya baru kali ini di Indonesia dan ini harus kita jadikan percontohan. Karena yang saya tahu RRJ ini biasanya hanya dibuat di tingkat kecamatan, namun Kabupaten Bengkalis telah membentuk RRJ untuk seluruh desa,” ujar Kajati Riau, Akmal Abbas ketika memberikan sambutan.


Beliau juga memberikan apresiasi kepada Bupati Bengkalis Kasmarni atas kekompakan dan sinergitas Pemerintah Kabupaten Bengkalis terhadap seluruh Forkompinda.

“Seluruh Forkopimda semuanya disini sangat kompak. Dari ketibaan saya, hingga berada di tempat ini, semuanya menyambut saya. Cocok saja, Ibu Bupati ini bisa membangun Kabupaten Bengkalis dengan baik, karena Forkopimda semua sangat kompak,” ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Wanita Pertama di Riau itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Kejaksaan Republik Indonesia, khususnya Kejaksaan Negeri Bengkalis karena selama ini telah memberikan kerja sama yang baik dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bengkalis melalui berbagai bentuk inovasi dan sinergi serta kolaborasinya.

“Dapat kami sampaikan dihadapan Bapak Kajati Riau, salah satu inovasi yang telah dilakukan serta diinisiasi oleh Kejaksaan Negeri Bengkalis yakni membina terbentuknya Rumah Restorative Justice di seluruh desa dalam wilayah Kabupaten Bengkalis,” ucap Bupati.


Selain itu lanjut Kanjeng Mas Tumanggung Kasmarni Purbaningtiyas menerangkan dihadapan Kajati Riau, bahwa Kejaksaan Negeri Bengkalis juga terus melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin dan berkala melalui aplikasi “Lapor Bos” atau akronim dari Laporan Bengkalis Zero Stunting, yang telah dikembangkan oleh Kejaksaan Negeri Bengkalis bersama Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Inovasi dan sinergisitas lainnya yang telah dibangun Kejari Bengkalis adalah secara aktif terus mendampingi desa-desa di Kabupaten Bengkalis, dalam hal penggunaan anggaran pendapatan dan belanja desa, agar desa-desa di Kabupaten Bengkalis, sehingga diharapkan dapat menggunakan anggarannya dengan lebih baik, tepat dan akuntabel.


Sebelum mengakhiri sambutan, Bupati juga menyampaikan pernyataan siap mendukung dan bersinergi dengan organisasi Adhiyaksa, dengan memaksimalkan segala potensi yang ada dalam membangun daerah, masyarakat, bangsa dan negara.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro, Ketua Kejaksaan Negeri Bengkalis Zainur Arifin Syah, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Bayu Soho Rahardjo, Kalapas llA Bengkalis Muhammad Lukman, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis, Habiburrahman, Danposal POS Bengkalis, Letda Laut (P) Arisman, Sekretaris Bengkalis, dr. Ersan Syaputra, para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, para Kepala Desa/ Pj. Kades se Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan, serta Ketua DPH LAMR Bengkalis, Saukani Al Karim dan sejumlah pengurus.

Kunjungan Kajati Riau, Akmal Abbas ini juga turut diikuti Asisten Bidang Intelijen pada Kejaksaan Tinggi Riau, Marcos Marudut Mangapul Simaremare, Asisten Bidang Pidana Militer pada Kejaksaan Tinggi Riau, Faisol, Kepala Subbagian Perencanaan pada Asisten Bidang Pembinaan Kejaksaan Tinggi Riau, Herik Jonas Putra, Kepala Sub Bagian Protokol dan Keamanan Dalam pada Sub Bagian Tata Usaha Kejaksaan Tinggi Riau, Bustanul Alim.inf

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *