• Wed. Jun 12th, 2024

Peringati HUT Siak ke-24, Pemkab Siak Permudah Warga Katarak Operasi Gratis

Byadmin

Oct 11, 2023

AMANAT Siak–Sempena Hari Jadi Kabupaten Siak ke-24 dan Hari Bakti Kesehatan Akbar ke-91, Pemkab Siak menggelar Bakti sosial Operasi Katarak dan Pelayanan Fisioterapi secara Gratis.

Kegiatan tersebut, berlangsung kerjasama Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafi’an Siak dengan Dinas Kesehatan dan Polres Siak. Acara itu dibuka Wakil Bupati Siak Husni Merza, di Aula UPTD RSUD Tengku Rafi’an Siak, Selasa (10/10/2023).

Dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Benny Chairuddin, Kabag SDM Kapolres Siak Kompol Syafril, Direktur RSUD Tengku Rafi’an Siak dr. Hartini.

Wakil Bupati Siak Husni Merza dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini hendaknya terus berlanjut. Upaya meringankan beban masyarakat, terutama berkaitan dengan kesehatan mata.

“Kami berharap kegiatan terus berlanjut. Sehingga makin banyak masyarakat yang terbantu berkaitan dengan kesehatan mata, begitu juga dengan fisioterapi ini kegiatannya agar terus dilanjutkan” sebutnya.

Wakil Bupati Husni juga berharap kepada manajemen RSUD Tengku Rafi’an untuk senantiasa melakukan berbagai perubahan baik peningkatan SDM para staf
termasuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

“Kita ingin image jelek di tengah masyarakat terhadap pelayanan kesehatan RSUD ini, perlahan kita hapus. Perlu komitmen bersama, selain kegiatan-kegiatan seperti ini juga komitmen untuk terus melakukan perubahan kualitas layanan ke arah yang lebih baik” ujarnya.

Direktur RSUD Tengku Rafi’an Siak dr Hartini menyebutkan, sempena dengan Hari Jadi Kabupaten Siak telah dilakukan berbagai kegiatan di bidang kesehatan, seperti Pemeriksaan Pap Smer, Operasi Katarak dan Fisioterapi.

“Untuk pasien katarak kami belum melakukan rekapitulasi, karena sepanjang Oktober ini terus dilaksanakan setiap hari. Menunggu pasien rujukan dari puskesmas di wilayah kabupaten Siak. Khusus hari ini sudah dilaksanakan operasi sebanyak lima orang, pagi ini dua orang dan tiga orang lagi pada sore kemarin” jelasnya.

Selain itu, dr. Hartini menghimbau kepada seluruh masyarakat seandainya ada terjadi gangguan penglihatan segera memeriksakan diri ke pusat kesehatan. Dimulai dari puskesmas untuk melakukan skrining awal, jika benar adanya gejala katarak silahkan melanjutkan pemeriksaannya ke RSUD Tengku Rafi’an.

“Di RSUD ini akan diperiksa lebih dalam dan dengan alat-alat yang canggih, sehingga bisa terdeteksi secara dini. Penanganan lebih awal akan memberikan hasil yang lebih bagus dibandingkan keadaan yang sudah lanjut, operasi katarak di RSUD Tengku Rafi’an selama HUT Kabupaten Siak kami laksanakan secara gratis” tutupnya.(mc-siak-hms/Aya).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *