• Sun. Jul 21st, 2024

Panglima TNI Berikan Instruski Denjaka Amankan Celah Ancaman Laut pada KTT ke-42 ASEAN

Byadmin

May 11, 2023

AMANAT NTT – Puspen TNI Dalam rangka memastikan keamanan pada penyelenggaraan kegiatan KTT ke-42 ASEAN tahun 2023, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mengecek kesiapan keamanan pelabuhan di Dermaga Marin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5/2023)

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI mengecek kesiapan personel Satuan Tugas Pasukan Khusus (Satgaspassus) dalam hal ini Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL yang bertanggung jawab terhadap keamanan pelabuhan/perairan dan memberikan instruksi untuk mengamankan celah tarhadap ancaman yang datangnya dari laut. Bahwa laut menjadi titik kritis datangnya ancaman pada penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN kali ini.

Hal tersebut sesuai yang disampaikan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Muldoko kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat  meninjau Posko Kogabpadpam VVIP KTT ke-42 ASEAN Summit bertempat di Hotel Sylvia, Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5/2023)

“ Melihat venuenya dari seputaran pinggir pantai hampir ancamannya kalaupun muncul ancaman dari laut. Jadi kalau saya sebagai orang yang punya keinginan melakukan gangguan pasti dari laut, kalau dari darat pengamannya sudah sangat-sangat kuat. Untuk itu perlu diantisipasi lebih dalam lagi ancaman dari laut beserta modusnya perlu didalami sehingga kita memiliki kesiapan termasuk rencana escapenya”, tegas KSP Moeldoko.

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI mengecek kesiapan personel Satuan Tugas Pasukan Khusus (Satgaspassus) dalam hal ini Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL yang bertanggung jawab terhadap keamanan pelabuhan/perairan sekitar Hotel Meurora dan Hotel Ayana yang digunakan oleh para kepala negara/pemerintahan negara anggota ASEAN mengadakan pertemuan.

Dalam pengamanan perairan sekitar tempat acara KTT ASEAN berlangsung, Satgaspassus Kogabpadpam VVIP mengerahkan alat utama sistem senjata (Alutsista) berupa  sea reader dan jetski. Secara keseluruhan Kogabpadpam VVIP terus merencanakan secara detail dan teliti seluruh aspek untuk memastikan agenda KTT ke-42 ASEAN tahun 2023 berlangsung aman dan nyaman bagi para delegasi.

#tnipatriotnkri

#nkrihargamati

#tnikuatrakyatbermartabat

Autentikasi:

Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Arm Suhendro Oktosatrio.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *