• Wed. Jun 12th, 2024

Gawat..!! Sebuah Perusahaan di Kampar Riau di “Duga” Menimbun dan Membuang Limbah B3

Byadmin

Apr 13, 2023

AMANAT Pekan Baru – Beredar vidio memperlihatkan sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan Limbah B3 diduga sengaja menimbun serta membuang limbah ke tepi jurang

Terlihat dalam vidio yang direkam Masyarakat setempat bahwa penimbunan limbah jenis B3 ditimbun dilokasi perusahaan diperkirakan kedalaman 15 meter.

Setelah masuk limbah jenis b3 kedalam lubang yang digali, ditimbun lagi dengan tanah semula, seakan tidak kelihatan penimbunan limbah tersebut.

Dalam vidio beredar itu terlihat juga pembuangan limbah B3 ke jurang yang mencemari pemukiman Masyarakat setempat.

Penimbunan dan Pembuangan Limbah B3 yang dilakukan perusahaan itu yakni Perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan Limbah B3 yaitu PT. Tenang Jaya Sejahtera yang beralamat di Jalan Raya Desa Kota Garo Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Penimbunan dan pembuangan limbah tersebut membuat masyarakat setempat resah. Karena lingkungan sehat sudah tercemar berbahaya akibat perusahaan tersebut.

Menurut pengakuan beberapa masyarakat setempat mengatakan penimbunan dan pembuangan limbah yang dilakukan perusahaan itu sangat mengkhawatirkan kesehatan kami

” Kami sangat khawatir tentang kesehatan kami terkait penimbunan dan pembuangan limbah yang berbahaya itu”. Ujar beberapa masyarakat setempat. (Kamis, 13 April 2023).

Dari beberapa mantan pekerja PT. Tenang Jaya Sejahtera Plant Kampar itu juga mengakui bahwa perusahaan itu memang bergerak di bidang pengolahan limbah B3.

” Perusahaan itu memang bergerak menerima dan mengolah limbah untuk dijadikan batu bata, tapi sayangnya manajemen diperusahaan itu kurang baik, mulai dari penekanan kerja hingga gaji tidak sesuai dengan aturan Disnaker, ditambah lagi pengolahan limbah yang kurang sehat untuk lingkungan, Logikanya, limbah itu semakin banyak menumpuk digudang, bahkan sampai kadaluarsa, mau dikemanakan lagi limbah tersebut, padahal pengolahan limbah tersebut sudah ada aturan, jangka waktunya yang sudah disepakati oleh instansi terkait, jika tidak terkejar target tersebut dan limbah itu semakin menumpuk bahkan sudah lama digudang, mau tidak mau ditimbun bahkan dibuang”.

kalau soal menimbum itu sengaja digali lobang lebih kurang 15 Meter kemudian ditimbum lagi dengan tanah kuning, atau tanah dasar dan juga dibuang ke tepi jurang yang masih area perusahaan”.

Bukan hanya itu saja, perusahaan tersebut sudah menambah gudang yang baru, cuma IMB gudang tersebut masih dipertanyakan, tapi kenapa IMB nya belum keluar kok sudah beroperasikan. Kemudian hasil penjualanpun tidak sesuai dalam pelaporan.

Terkait hal itu, Manajer PT. Tenang Jaya Sejahtera yang beralamat di Jalan Raya Desa Kota Garo Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Sunyoto mengakui tentang permasalahan tersebut.

” Saya pernah di panggil tentang permasalahan yang terjadi diperusahaan ini terkait pengolahan limbah itu juga, ya mau gimana lagi keadaannya seperti itu”.kata Sunyoto.

Hingga sekarang ini, PT. Tenang Jaya Sejahtera yang beralamat di Jalan Raya Desa Kota Garo Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau belum ada solusi terkait penimbunan dan pembuangan limbah tersebut, bahkan para pekerja diperusahaan itu merasa tidak nyaman terkait kesehatan mereka ditambah permasalahan gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *