• Sat. Jun 22nd, 2024

Dukung Pengelolaan Zakat, Bupati Alfedri Raih Penghargaan Pada BAZNAS Award 2023.

Byadmin

Mar 21, 2023

AMANAT Jakarta–Bupati Siak Alfedri berhasil meraih penghargaan kategori Bupati Pendukung Utama Pengelolaan Zakat di Indonesia pada acara BAZNAS Award 2023 di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Acara BAZNAS Award 2023 itu, di buka secara resmi Wakil Presiden RI K. H. Ma’ruf Amin di hadiri Para pimpinan tinggi negara Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota, Ketua BAZNAS Provinsi, Kabupaten atau Kota se-Indonesia.

Di berikannya penghargaan itu kepada Bupati Alfedri, karena telah mendukung BAZNAS kabupaten Siak dalam meningkatkan pengumpulan dana zakat dari tahun ke tahun. Sehingga BAZNAS kabupaten Siak terbesar pertama dalam pengumpulan dana zakat se Riau.

“Alhamdulillah, hari ini kami menerima penghargaan dari BAZNAS RI, kategori Kepala daerah Pendukung Utama Pengelolaan Zakat di Indonesia. Kami bangga dengan capaian ini. Semoga kedepan Penggelolaan zakat di kabupaten Siak lebih baik,”ucapnya.

Bupati Alfedri menjelaskan dalam upaya mengentaskan miskin ekstrim dan menekan angka inflasi di kabupaten Siak, BAZNAS kabupaten Siak melalui program yang di miliki berkolaborasi dengan OPD terkait melalui bantuan modal usah dan juga pemberdayaannya.

“Dana zakat ini, sangat membantu dalam mendukung program Pemkab Siak. Salah satunya menekan angka miskin ekstrim. Lewat dana zakat para mustahik merasa terbantu. Kami mengucapkan terimkasih dan mendoakan para muzaki yang mempercayai BAZNAS sebagai lembagai resmi yang mengelola dan penyalur dana zakat secara profesional dan amanah,”terangnya.

Tidak sampai di situ, BAZNAS kabupaten Siak juga menyalurkan bantuan beasiswa bagi keluarga tidak mampu, dan menyalurkan zakat konsumtif dan produktif bagi para mustahik di kabupaten Siak.

Ia juga mendukung BAZNAS kedepan memanfaatkan sistem digitalisasi. Pengintegrasian peraturan zakat berbasis sistem informasi BAZNAS pemanfaatan data di gitalisasi, dinilai sangat penting untuk penguatan komponen pendukung ekosistem zakat.

“Termasuk yang di sampaikan Wakil Presiden tadi, sertifikat dan kompetensi para pengelolaan zakat harus kita tingkatkan, tujuannya apa. Agar Muzaki percaya dana zakat yang di keluarkan di kelola oleh orang -orang yang profesional, amanah serta transparan dalam pelaporan,”tutupnya.

Ada empat poin penting dari arahan Wakil Presiden pada Anugrah BAZNAS 2023 pertama pemanfaatan dana zakat kesepan fokus pada pengembangan industri halal, mengembangkan sistem keuangan syariah, Mengembangkan dana sosial, dan ke empat zakat, infak dan sedekah di manfaatkan pengembangan usaha bisnis syariah.

Acara itu, di tutup dengan pemberian penghargaan kepada pimpinan lembaga, kepala daerah, perorang, organisasi, insan pers dan perusahaan.(mc-kab-siak/dp007/afn).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *