• Sun. Jun 23rd, 2024

Cetuskan Beragam Inovasi, PT KPI RU Dumai Raih Penghargaan ITEX 2023 di Malaysia

Byadmin

May 14, 2023

AMANAT Dumai, 14 Mei 2023 – Setelah berhasil mencetuskan beragam inovasi dalam hal produksi dan operasi, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai meraih penghargaan kategori GOLD dari Internasional lnvention, Innovation and Technology Exhibition (ITEX) 2023 di Kuala Lumpur Convention Center, Malaysia, Sabtu (13/5/2023).

Area Manager Communication, Relations, & CSR KPI RU Dumai Agustiawan memaparkan penghargaan ini merupakan hasil kreasi dan inovasi Perwira PT KPI RU Dumai yang berpegang pada prinsip Continuous Improvement dan Environmental, Social, and Governance (ESG).

“Melalui inovasi serta rekayasa pola produksi, Perwira PT KPI RU Dumai berhasil memproduksi New High Quality Gasoil 50 ppm, berupa Pertadex 50 ppm dan High Speed Diesel (HSD) 50 ppm, dengan emisi yang rendah dan telah berstandar internasional Euro 4,” ungkapnya.

Ajang ITEX merupakan pameran sekaligus kompetisi inovasi terbesar dan tertua di Asia, yang telah berjalan sejak 1989 silam. Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-34 kalinya. Dengan tagline Asia’s leading invention, innovation and technology expo” memberikan prediket ITEX sebagai salah satu ajang inovasi terbaik dan bergengsi bukan hanya di Asia, namun juga di tingkat global. Setiap tahunnya ITEX menjadi ajang inovasi favorit bagi ribuan investor di seluruh dunia dan menjadi tolak ukur seberapa hebat sebuah inovasi melalui penghargaan yang diraih di ITEX.

Diungkapkan bahwa inovasi pengembangan produk ini telah diinisiasi sejak tahun 2017 ditandai dengan kajian produksi 50 ppm dan plant trial produksi Gasoil HQ 50 ppm.

“Pengembangan sarfas tangki dan kajian optimasi terus dilakukan semenjak itu, hingga pada tahun 2020 kilang Dumai berhasil memproduksi HSD 50 ppm dan Pertadex 50 ppm di tahun 2021,” lanjut Agustiawan.

Dampak dari inovasi ini adalah terciptanya produk yang ramah lingkungan karena memiliki emisi yang rendah serta bertaraf internasional. Penjualan produk 50 ppm ini juga telah menghasilkan profitabilitas sebesar US$85 juta hingga maret 2022.

Inovasi dari PC Prove Ceria ini telah mendapatkan penghargaan baik nasional maupun internasional, antara lain Dharma Karya dari Kementerian ESDM RI tahun 2022, Annual Pertamina Quality Award (APQA) 2019 dan 2022 kategori Platinum, Continuous Improvement Programs (CIP) 2019 dan 2021 kategori Gold, International Convention on QC Circles (ICQCC) Tokyo 2019 kategori Gold, serta apresiasi khusus dari STT Dumai. Selain itu, inovasi ini juga telah didaftarkan dan tercatat pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual pada 19 April 2022 lalu.

“Kami berharap inovasi ini tidak berhenti sampai disini saja. Ke depannya, kualitas produk bisa lebih meningkat dari 50 ppm (Euro 4) menjadi 10 ppm (Euro 5). Kapasitas produksi juga dapat ditingkatkan, sustain dalam produksi serta penyaluran,” tambah Agustiawan.

Manager Production PT KPI RU Dumai, Rudi Hartono, yang ikut mendampingi dalam penerimaan penghargaan tersebut menyampaikan apresiasinya atas capaian yang berhasil diraih PC Prove Ceria sejauh ini. Dikatakan bahwa inovasi ini secara langsung memiliki dampak yang sangat positif terhadap kinerja operasional dan finansial perusahaan serta sejalan dengan penerapan prinsip ESG di lingkungan PT KPI.

“Semoga semakin banyak karya inovasi yang tercipta dari tangan Perwira Pertamina terutama inovasi yang berdampak besar bagi kemajuan perusahaan maupun mendatangkan manfaat bagi masyarakat, negara dan lingkungan hidup,” pungkasnya.

Inovasi produk New High Quality Gasoil 50 ppm ini merupakan kerja kolektif dari berbagai fungsi di PT KPI RU Dumai, terutama RPO sebagai perencana dan pembuat usulan komposisi blending, Engineering & Development yang melaksanakan lab tes dan optimasi unit operasi, Production yang bertugas melaksanakan proses produksi, Maintenance berperan untuk pemeliharaan asset, serta Finance yang mencatat hasil penjualan produk.

PC Prove Ceria sendiri terdiri dari 8 Perwira PT KPI RU Dumai, yaitu Galindra Mardanny sebagai fasilitator, Fritz Mardohar sebagai ketua, serta anggota yang terdiri dari Leonard Paulus Silaban, Antonius Ade Aryo W, Satria Purnama, Muhammad Iqbal Riva’i, Dorgis Cristopel, dan Wendri Eko Nopri.

Pada awal Mei 2023 lalu, PT KPI RU Dumai juga berhasil menerima penghargaan internasional kategori GOLD pada ajang Istanbul Internasional Inventions Fair (ISIF) yang digelar di Turki. Menjadi perwakilan Indonesia dari PT KPI RU Dumai, tim PC Prove The Sweet mempresentasikan inovasi mereka yang berjudul Meningkatkan High Valuable Product Yield & Operational Availability Terkait Fleksibilitas CDU Melalui Inovasi “Switching Feed Naphtha Platforming with Normal Operation” di PT KPI Unit II Dumai.


Media Contact
Agustiawan
Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai
Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional
M: +62 812-7636-625

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *