• Wed. Jun 12th, 2024

Bupati Buka Bimtek UPZ Masjid dan Musholla Kecamatan Bengkalis dan Bantan

Byadmin

Mar 8, 2023

AMANAT BENGKALIS, Baznas Kabupaten Bengkalis menyelenggarakan Bimtek bagi pengurus Unit Pengumpulan Zakat (UPZ), guna meningkatkan serta menambah wawasan, pengetahuan, kapasitas dan kapabilitas pengurus UPZ masjid dan mushalla se-Kecamatan Bengkalis dan Bantan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut Bengkalis. Selasa (07/03/2023) yang mengusung tema “Mewujudkan Amil Profesional dan Kompeten”.

Sebelum dilaksanakan Bimtek terlebih dahulu dilaksanakan pengukuhan anggota UPZ masjid dan mushalla Kecamatan Bengkalis dan Bantan oleh Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis Ismail.

Pada saat mebuka kegaitan Bimtek tersebut, Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat menyampaikan, dalam pengelolaan, pengembangan serta pengumpulan zakat, agar lebih maksimal, yang kesemuanya akan bermuara pada meningkatnya manfaaat zakat dalam pembangunan ummat di negeri junjungan yang kita cintai ini.

“Kami melihat Baznas Kabupaten Bengkalis, terus mengalami perkembangan yang cukup baik dan signifikan dari tahun ketahun, dan kedepannya, kinerja Baznas terus membaik dan berprestasi, melalui berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan agar potensi pengumpulan zakat, infaq dan sedekah yang ada di negeri junjungan ini bisa kita optimalkan,” harap Andris.

Namun demikian, kata Andris besarnya potensi zakat yang kita miliki saat ini, tentunya tidak akan tercover sendiri oleh komisioner Baznas yang personilnya cukup terbatas. “Akan tetapi, segala potensi tersebut, tentunya dapat kita optimalkan, jika adanya sinergi serta dukungan penuh dari para amil yang berada di UPZ baik di kecamatan, desa, kelurahan, sekolah, masjid, mushalla, perusahaan dan tempat-tempat lainnya, sesuai peran dan fungsinya,” ujarnya.

Kemudian lanjut Andris, keberadaan bapak/ibu sebagai pengurus UPZ masjid dan mushalla perlu kita tingkatkan kompetensinya melalui Bimtek, agar kedepannya pengurus UPZ memiliki kemampuan lebih dalam mengumpulkan zakat, infaq dan sedekah, dengan mengerahkan segala tenaga dan pikirannya serta dapat melakukan operasionalisasi zakat, infaq dan sedekah menjadi lebih baik.

“Saat ini ada sekitar 77 masjid dan 118 mushalla di Kecamatan Bengkalis, dan 75 masjid dan 86 mushalla di Kecamatan Bantan, jika kita mampu bersinergi, berkolaborasi, saling membantu dan terus berusaha dalam pengumpulan dan pemberdayaan zakatnya, tentu akan menjadi potensi besar pula dalam upaya kita mensejahterakan masyarakat melalui pemberdayaan zakat secara terstruktur, terarah dan sistematis.” Pungkasnya.

Turut hadir, Kepala Pengengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis. H. Hambali, Camat Bantan Aulia Army, Camat Bengkalis Taufik Hidayat diwakili Staf Rian Asriandi, Ketua Basnaz Kabupaten Bengkalis H. Ismail, Plt. Kepala Bagian Kesra Herman Nur, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis H. Khaidir, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H. Amrizal, Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Seri H. Zainuddin Yusuf, peserta Bimtek dan tamu undangan lainnya.inf

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *