• Sat. Jul 20th, 2024

Bupati Alfedri Minta Warga Transmigran Berkontribusi Positif Dalam Majukan Kabupaten Siak.

Byadmin

Jan 13, 2024

AMANAT SIAK – Pemerintah kampung Rawang Kao, kecamatan Lubuk Dalam, kabupaten Siak peringati malam puncak HUT kedatangan transmigrasi ke 37 tahun 2023, acara berlangsung di Stadion Mini, Rawang Kao, kecamatan Lubuk dalam, Kamis (11/1/2024) malam.

Pemerintah kampung Rawang Kao dan masyarakat kompak menggelar sejumlah perlombaan bertema lomba bersih lingkungan dan sehat.

Peringatan HUT kedatangan transmigrasi ke 37 tahun 2023 sendiri, merupakan momen penting bagi warga masyarakat Kampung Rawang Kao, untuk mengenang kembali hari pertama kedatangan para transmigrasi dari berbagai daerah di pulau jawa.

Untuk menetap dan bermukim di daerah transmigrasi di sejumlah kecamatan di kabupaten Siak.

Bupati Siak Alfedri saat menghadiri acara tersebut, mengatakan kegiatan ini momen untuk mengingat kembali perjuangan orang tua dahulu yang membangun wilayah kecil hingga menjadi perkampungan yang maju dan sejahtera penduduknya.

“Saya, mengapresiasi kegiatan ini. Untuk mengenang 37 tahun silam kedatangan transmigrasi di kabupaten Siak. Saya mengetahui kalau tahun 1986 kehidupan warga transmigrasi saat itu, sangat sulit, namun karena industri kelapa sawit berkembang, permintaan CPO tinggi. Warga transmigrasi di kabupaten Siak yang rata-rata memiliki kebun kelapa sawit ekonominya mulai bangkit,”ujar Alfedri.

Saat ini, warga transmigrasi sudah menikmati hasilnya, daerah semakin maju, akses infrastruktur jalan dan listrik sudah sampai di kampung. Artinya, kehidupan warga ekonominya relatif semakin bagus.

“Alhamdulillah, ini patut kita syukuri, saat ini kehidupan warga ekonominya semakin bagus. Warga juga mendapatkan layanan pendidikan, ada beasiswa berprestasi dari Pemkab dan sudah bisa mengakses layanan kesehatan, kependudukan di program bujang kampung,” kata dia.

Alfedri juga menyinggung Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dikeluarkan BPS, kabupaten Siak memiliki nilai 90 persen. Artinya, kata dia masyarakat merasa puas atas pelayanan pemerintah, terutama yang berkaitan dengan layanan administrasi kependudukan, kesehatan dan lain-lain.

“Kami lihat partisipasi masyarakat cukub baik di sini. Ini menunjukan warga transmigrasi cinta dengan negeri siak. Mari kita berkontribusi positif dalam memajukan kabupaten Siak.”sebut dia.

Kedatangan transmigrasi ke wilayah kabupaten Siak juga menjadi satu kekuatan untuk kemajuan daerah. Anak-anak keturunan transmigrasi sudah banyak memberikan kontribusi untuk daerah bahkan provinsi maupun nasional.

“Sudah banyak anak-anak yang berasal dari wilayah transmigrasi yang berhasil menjadi pejabat, camat dan penghulu rata-rata, dan termasuk memegang posisi di beberapa lembaga non pemerintah. Termasuk di kabupaten Siak,” kata dia lagi.

Alfedri juga berharap kegiatan yang baik ini, dilaksanakan rutin tiap tahun dan melibatkan warga trans di kampung-kampung lain. Tujuannya untuk memupuk rasa kekompakan warga transmigrasi asal jawa di kampung itu.

“Isi kegiatan baik ini, melalui perlombaan, kegiatan keagamaan dan sosial lainnya,”tutupnya.

Para malam itu, Alfedri turut menyerahkan hadiah dan uang pembinaan kepada RT yang meriah juara dalam penilaian lomba lingkungan bersih dan sehat. (mc-kab-siak/dp07/angga)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *