• Sat. Jun 22nd, 2024

Berhasil Kembangkan Produk Bernilai Jual Lebih Tinggi, Perwira PT KPI RU Dumai Sabet Penghargaan Internasional

Byadmin

May 3, 2023

AMANAT Dumai, 3 Mei 2023 – Berkat keberhasilan inovasi dari sejumlah pekerja dalam mengembangkan produk yang bernilai jual lebih tinggi, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai sabet penghargaan internasional kategori GOLD dalam ajang Istanbul Internasional Inventions Fair (ISIF) yang digelar di Turki, Sabtu (27/4) hingga Kamis (1/5).

ISIF adalah sebuah pameran sains internasional yang menampilkan inovasi-inovasi dan penemuan-penemuan terbaru dari seluruh dunia. ISIF 2023 kali ini merupakan gelaran ke-8 yang diadakan oleh Kantor Paten dan Merek Turki (TURKPATENT) dan di bawah pengawasan Federasi Asosiasi Penemu Internasional (IFIA).

Menjadi perwakilan Indonesia dari PT KPI RU Dumai, tim Project Colaboration Improvement (PCP), The Sweet, yang beranggotakan delapan Perwira RU Dumai mempresentasikan inovasi mereka yang berjudul Meningkatkan High Valuable Product Yield & Operational Availability Terkait Fleksibilitas CDU Melalui Inovasi “Switching Feed Naphtha Platforming with Normal Operation” di KPI Unit II Dumai.

Berkat inovasi ini, PT KPI RU Dumai mencatatkan sejumlah improvement diantaranya pendapatan hasil produksi Pertamax sebesar Rp 510 M, pendapatan hasil pengolahan Crude Oil alternatif sebesar Rp 23 M, penghematan transfer stock HOMC sebesar Rp 955 M, penghematan biaya katalis sebesar Rp 2,5 M, serta pendapatan hasil pengolahan slop oil sebesar Rp 144 M.

Vice President (VP) Human Capital PT KPI, Dewi Kurnia Salwa, mengatakan bahwa kesempatan mengikuti ISIF sangat berharga, dimana PT KPI sebagai bagian dari Pertamina, mampu menampilkan improvement dan inovasinya pada masyarakat Internasional yang barangkali dapat diaplikasikan di kilang-kilang negara lain.

“Ini juga jadi kesempatan agar kita bisa benchmark (melihat) bagaimana tingkatan inovasi yang telah kita buat jika dibandingkan dengan inovasi dari negara lain,” tuturnya. Ia berharap, dipatenkannya inovasi dari timnya tersebut dapat menjadi benefit tersendiri bagi PT KPI.

Manager Engineering & Development PT KPI RU Dumai sekaligus fasilitator PCP The Sweet, Yodia Handhi Prambara, mengapresiasi semangat inovasi yang dimiliki Perwira PT KPI RU Dumai dalam berkembang dan mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik.

“Manajemen RU Dumai turut berbangga atas prestasi internasional yang berhasil diraih Perwira kita. Semoga semangat ini bisa ditularkan sehingga tercipta inovasi-inovasi lainnya yang dapat membawa perusahaan terus melaju menjadi perusahaan yang memiliki daya saing tinggi,” ujarnya.

PCP The Sweet merupakan tim inovasi PT KPI RU Dumai yang beranggotakan delapan orang kolaborasi dari berbagai fungsi, seperti fungsi Production Dumai serta Engineering & Development. Selain penghargaan kategori GOLD di ISIF, PCP The Sweet ini juga pernah menjuarai Annual Pertamina Quality Award (APQA) 2022 kategori tertinggi, yaitu Platinum.

—————————————————
Media Contact
Agustiawan
Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai
Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional
M: +62 812-7636-625

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *