• Sat. Jun 22nd, 2024

Berhasil Kelola Lingkungan dan Ciptakan Program CSR Yang Berdampak, PT KPI RU Sei Pakning Raih Proper Emas Kelima Kalinya

Byadmin

Dec 30, 2022

AMANAT Dumai, 30 Desember 2022 – Dinilai berhasil kelola lingkungan dan ciptakan program CSR yang berdampak bagi masyarakat, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Sei Pakning kembali raih penghargaan pada Anugrah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia pada Kamis (29/12), bertempat di Gedung II, Istana Wakil Presiden Republik Indonesia.

Raihan ini merupakan PROPER Emas kelima kalinya secara beruntun yang diraih oleh kilang Sei Pakning sejak tahun 2017.

Pada Proper 2022, PT KPI RU Sei Pakning mengangkat Program Permata Hijau Pesisir Gambut yang merupakan Program Unggulan dalam Mitigasi dan Pemulihan Bencana di Lahan Pesisir Gambut. Program ini terdiri dari 3 (tiga) subprogram yaitu Revitalisasi dan Konservasi Kawasan Mangrove Pesisir Gambut, Konservasi Air Gambut, serta Pertanian Hortikultura di Lahan Gambut.

Inovasi yang tercipta pada Revitalisasi dan Konservasi Kawasan Mangrove Pesisir Gambut meliputi Triangle Mangrove Barrier (Trimba), Adaptable Pool with Auto Water Rotation (A-Pawon), dan Hybrid Solar Dryer System (HSDS).

Selain itu, Program konservasi air gambut telah berhasil mengolah air gambut menjadi air bersih melalui Unit Filtrasi Air Gambut (Filagam) yang telah berhasil memproduksi 5.840 ton air bersih pertahun nya. Melalui pipanisasi yang dibangun, sebanyak 116 KK telah mendapatkan akses dan menerima manfaat air bersih ini. Disamping itu, dengan teknologi Reverse Osmosis (RO), Kelompok Tirta Muda telah berhasil memperoleh air siap minum yang penghasilan nya hingga Rp. 86.400.000 per tahun dari hasil penjualan air minum.

Program ini juga terdapat inovasi terbaru yaitu Pertanian Hortikultura di Lahan Gambut yang telah di replikasi di tiga tempat, yaitu Kelurahan Sungai Pakning, Desa Batang Duku, dan Desa Sukajadi. Pada program ini, terciptanya inovasi Fertilizer Injector (Ferin) yang membantu percepatan proses pemupukan, serta Poligowo yaitu metode penanaman polikuktur.

Manager Production Sei Pakning, Antoni R Doloksaribu, menyampaikan bahwa program inovasi sosial terkait Permata Hijau Pesisir Gambut merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan dan bencana yang terjadi khususnya di Kabupatan Bengkalis, Riau.

“Pelaksanaan program Permata Hijau Pesisir Gambut dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan sosial dan lingkungan yaitu perubahan iklim yang terjadi mengakibatkan pasang surut air laut semakin kuat yang mengakibatkan abrasi, hilangnya daratan pesisir gambut, terjadinya peningkatan intrusi air alut yang menyebabkan turunnya kualitas air sungai di pesisir gambut sehingga tidak dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat dan berdampak pada penurunan kualitas tanah sehingga membutuhkan upaya pengelolaan lahan gambut yang lebih menyeluruh, hingga rendahnya perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan Didik Subagyo selaku General Manager PT KPI RU II menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat sehingga dapat menelurkan inovasi-inovasi program CSR yang berkelanjutan dan berdampak besar bagi masyarakat.

“Kami sangat bersyukur atas diraihnya penghargaan ini dan mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang terlibat serta mendukung dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat kami khususnya Mitra Binaan CSR dan Pemerintah setempat. Semoga raihan ini dapat lebih memotivasi kita semua untuk semakin berinovasi dan berkreasi bagi negeri, tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Utama PT KPI, Taufik Aditiyawarman mengapresiasi kerja keras terutama unit kilang peraih Proper Emas yang telah menunjukkan dedikasi terbaik menjalankan program-program selaras dengan peta jalan Environment, Sustainability and Governance (ESG) dan penerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). “Selamat dan penghargaan setinggi-tingginya atas pencapaian Proper Emas untuk unit operasi RU II Sungai Pakning, RU III Plaju, dan RU VII Kasim serta PT Polytama Propindo,” katanya.

Secara keseluruhan, PT KPI meraih 3 penghargaan PROPER Emas di tiga unit operasi berbeda, yaitu RU II Sei Pakning, RU III Plaju, dan RU VII Kasim. Selain prestasi di unit operasi, Proper Emas juga diraih grup bisnis PT KPI yaitu PT Polytama Propindo. Penilaian proper 2022 ini diikuti oleh 3.200 perusahaan di Indonesia yang dievaluasi menjadi beberapa kategori peringkat yaitu peringkat emas, hijau, biru, merah, dan hitam.

Penghargaan PROPER Emas PT KPI RU Sei Pakning diterima langsung oleh Direktur Optimasi Feedstock & Produk, Sani Dinar Saifuddin. Acara ini dihadiri oleh 51 perusahaan penerima Peringkat Emas dan diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma’ruf Amin didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc.

—————————————————
Media Contact
Nurhidayanto
Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai
Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional
M: +62 821-5168-9986

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *