• Sat. Jul 20th, 2024

Belajar Proses Pengolahan Minyak Bumi, SMAN 10 Pekanbaru Kunjungi PT KPI RU Dumai

Byadmin

Jan 11, 2023

AMANAT Dumai, 11 Januari 2023 – Sebanyak 33 siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 10 Kota Pekanbaru melakukan kunjungan ke PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU)Dumai. Kegiatan ini bertujuan agar siswa belajar dan memahami proses pengolahan minyak bumi khususnya di kilang Dumai, dan berlangsung di Demo Room HSSE, Rabu (11/1/2023).

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU II, Nurhidayanto menjelaskan pihaknya menyambut baik kedatangan para siswa ke PT KPI RU Dumai, dan memberikan pengenalan sekilas kegiatan pengolahan minyak bumi hingga energi yang dihasilkan di kilang tersebut.

“Setiap pekerja di sini menjalankan pekerjaan dengan standar keamanan dan keselamatan yang sudah ditetapkan. Kami berharap dari kegiatan ini dapat dijadikan pembelajaran oleh para siswa dan dapat menjadi bekal ilmu yang bermanfaat,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala SMAN 10 Pekanbaru, Sri Wahyuni, S.Pd., MM., mengatakan pihaknya berterima kasih kepada PT KPI RU Dumai karena telah menerima kunjungan pihaknya beserta para siswa.

“Kami berharap bahwa kunjungan yang dilakukan ini bukanlah kunjungan yang pertama dan yang terakhir, tetapi kami harap akan ada kunjungan lagi sehingga menjadi kunjungan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Dia menjelaskan kunjungan yang dilakukan para siswa SMAN 10 Pekanbaru ini adalah bentuk proses edukasi, yaitu berkaitan dengan mata pelajaran Kimia yaitu pemahaman tentang minyak bumi, dan sebagai bentuk implementasi dari kurikulum Merdeka Belajar.

Nabila Putri Lestari, perwakilan siswa mengakui materi yang disampaikan narasumber sangat bermanfaat dan memberikan pemahaman kepada siswa, tentang pengolahan minyak bumi mulai dari proses pengambilan di bawah tanah, distribusi, pengolahan, hingga pengiriman BBM dan bisa didapatkan masyarakat di SPBU.

“Kami berharap semoga kami dapat berkunjung lagi dan dapat mendapatkan pembelajaran lebih lanjut,” ujarnya.

Adapun narasumber pada kegiatan kunjungan kali ini adalah perwakilan Perwira PT KPI RU Dumai yang berasal dari fungsi Engineering & Development, Satria Mahardika SP. Pada kesempatan tersebut siswa juga diajak berkeliling ke fasilitas demo room untuk mendapatkan ilmu terkait budaya safety di lingkungan kilang Dumai.


Media Contact
Nurhidayanto
Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai
Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional
M: +62 821-5168-9986

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *