• Sat. Jun 15th, 2024

Baznas Gelar Bimtek, Bupati Harapkan UPZ Masjid dan Mushalla Lebih Berkualitas

Byadmin

Feb 27, 2024

AMANAT BENGKALIS – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) 75 Masjid dan Mushalla, di Kecamatan Bengkalis, Senin, 26 Februari 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Andris Wasono.

Dalam arahannya, Bupati Bengkalis berharap keberadaan pengurus UPZ masjid dan mushalla perlu ditingkatkan kompetensinya melalui Bimtek ini agar kedepannya pengurus UPZ mesjid dan mushalla memiliki kemampuan lebih terkait pengumpulan zakat, infaq dan sedekah, sehingga dapat mengerahkan segala tenaga dan pikirannya serta dapat melakukan operasionalisasi zakat, infaq dan sedekah menjadi lebih baik.


“Agar apa yang menjadi tujuan dari zakat, infaq dan sedekah sebagai salah satu solusi dalam mengatasi berbagai problematika kemiskinan dan kesenjangan sosial ditengah masyarakat dapat kita lakukan secara sistematis. Apa lagi, selama ini mungkin pengurus masjid dan mushalla hanya memahami zakat dalam konteks zakat fitrah saja,” ujar Asisten ketika membacakan pidato tertulis Bupati Bengkalis.

Mengingat masjid dan mushalla dianggap sebagai institusi yang paling dekat dengan umat, maka upaya meningkatkan kesadaran zakat masyarakat memang harus kita perkuat. sehingga perlu untuk dilakukan sosialisasi, memberikan pemahaman terkait ZIS, termasuk upaya pengumpulan dan pendistribusian ZIS kepada masyarakat dan mustahik menjadi lebih mudah.

“Tentu dari sekian banyaknya masjid dan mushalla, jika kita mampu bersinergi, berkolaborasi, saling membantu dan terus berusaha dalam pengumpulan dan pemberdayaan zakat, tentu akan menjadi potensi besar pula dalam upaya kita mensejahterakan masyarakat melalui pemberdayaan zakat secara terstruktur, terarah dan sistematis,” paparnya.

Kepada pengurus UPZ masjid dan mushalla Bupati Bengkalis berharap, agar dapat mengikuti bimtek ini dengan serius dan semangat, sehingga kedepannya dapat lebih berdaya dan berhasil guna.

“Kami juga berpesan agar dapat melaksanakan tugas dan amanah sebagai pengurus UPZ secara ikhlas, cerdas dan tuntas dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat. Gali terus potensi zakat yang berada di wilayah kerjanya masing-masing, sehingga tujuan zakat benar-benar dapat kita lakukan dan kita berdayakan,” pesannya.

Kepada Pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis, Bupati juga berharap agar upaya penguatan kelembagaan UPZ masjid dan mushalla yang ada di Negeri Junjungan ini dapat terus dilakukan.

Turut hadir, Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis, Ismail, Kapolres Bengkalis diwakili Kabag SDM, Kompol Agus Pranata, sejumlah pimpinan bank, dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.inf

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *