• Wed. Jun 12th, 2024

Babinsa Koramil 1710-02/Timika Laksanakan Pendampingan Pertanian Di Wilayah Binaan

Byadmin

Mar 21, 2023

AMANAT Timika —    Babinsa merupakan salah satu motor penggerak bagi para petani dan kelompok tani untuk terciptanya swasembada pangan karena dengan terciptanya swasembada pangan yang tangguh, maka ketahanan nasional pun akan meningkat. Menyikapi hal tersebut, Babinsa Koramil 1710-02/Timika, Koptu Kawang melaksanakan pendampingan pertanian di lahan milik Bapak Dahlan di Ds. Kadun Jaya, Distrik Wania, Kab. Mimika, Senin (20/03/2023).

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi atau hasil panen, salah satu di antaranya pendampingan dan pengawalan dalam mewujudkan swasembada pangan. Peran Babinsa dalam hal ini adalah sebagai komunikator dan fasilitator untuk menghubungkan antar kelompok tani yang ada di wilayah Kodim 1710/Mimika dan juga sebagai penyambung lidah antara kelompok tani dengan pihak pemerintah daerah khususnya dinas pertanian.

Bapak Dahlan sendiri merupakan petani cabai dan sayur, pada kesempatan kali ini Koptu Kawang membantu Bapak Dahlan dalam menyemprotkan pestisida dan juga membantu hal lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah hama yang berpotensi menimbulkan gagal panen, selain itu Koptu Kawang pun menyampaikan agar merawat lahan dan irigasi mengingat curah hujan yang cukup tinggi.

Cabai sendiri memiliki permintaan pasar yang tinggi, oleh karena itu petani meminta kepada Babinsa agar bisa menyuarakan kepada pemerintah untuk membantu para petani dalam mengembangkan cabai di Kabupaten Mimika, sehingga pasokan sayur bisa memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa harus mendatangkan dari daerah lain. Koptu Kawang pun berjanji akan berusaha maksimal dalam menyuarakan aspirasi petani dan juga berkomunikasi dengan kelompok tani lain agar persediaan cabai bisa tercukupi.

Autentikasi: Pen Kodim 1710/Mimika

Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *